732 Pedagang Tempati Lokasi Berjuialan Baru, Dirut PD Pasar: Operasional Pasar Kampung Lalang Miliki Standar Nasional

Share:
Medan, CAHAYANEWS.com -   Sebagian pedagang yang menggelarkan daganganya di seputaran Jalan Klambir V Pianangbaris Medan, memasuki lokasi Pasar Kampung Lalang Medan. Hal itu terealisasi setelah PD Pasar Koata Medan dibantu dengan Satpol PP, pihak kelurahan dan Kecamatan melakukan operasi penertiban terpadu  di Pasar Kampung lalang, Senin (8/4/2019).

Penertiban yang dikomandoi langsung oleh Dirut PDPasar Kota Medan Drs Rusdi Sinuraya, berjalan lancar. Terlihat pedagang dengan serempak dan bersama mengangkati dagangannaya masiang-masing dan memasuki lokasi Pasar Kampung Lalang yang baru dibangun tersebut.

Dirut PD Pasar Kota Medan Drs Rusdi Sinuraya ketika dihubung di sela-sela i menyebutkan, pedagang yang ditertibakan itu sebelumnya telah disurati dan dihimbau agar secara keseluruhan masuk ke dalam lokasi pasar dan bergabung dengan 732 pedagang lainnya yang sebelumnya sudah diundi dan mempunyai lokasi berjualan masing-masing.

"Pedagang Kampunglalang semuanya mendapat tempat berjualan di dalam dan sudah diundi dengan disaksikan Asisten Umum (Asmum Pemko Medan Khairul Sahnan, Kabag Ekonomi Nasib, S Sos, Badan pengawas dan lainnaya. Pengundian telah berjalan sesuai prosedur dan keseluruhan pedagang telah menempati kiosnya masing-masing," tegas Dirut PD pasar itu sembari menambahkan tidak ada pedagang berdasi yang berjualan di Pasar Kampung Lalang ini.

[caption id="attachment_4263" align="alignnone" width="225"] Dirut PD Pasar Koata Medan Drs Rusdi Sinuraya didampingi oleh Ketua Appsindo Pasar Kampung Lalang.[/caption]

Dijelaaskannya, Pasar kampung lalang yang baru dibangun ini, sudah memenuhi standar Nasioanal dan dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, kamar mandi, pintu keluar dan masuk yang dijaga secara ketat serta fasilitas lainnya seperti tempat ruang kesehatan untuk pedagang dan konsumen. " Failitas diberikan agar pengunjung dapat ramai datang berbelnja sehingga omzet pedagang meningkat sesuai jenis dagangannaya masing-masing," tegas Dirut.

Ditambahkannaya, PD Pasar selaku perpanjangan tangan Pemko Medan telah siap menciptakan dan mengelola Pasar Kampung Lalang ini "Hal ini sesuai dengan inastruksi dan pesan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S, MSi menciptakan Pasar sebagai Rumah Kita," imbuhnya.

Ketika ditanyakan tenatang hak pedagang yang tidak mau masuk ke dalam lokasi apasar ayang baru dibangun itu, Dirut PD Pasar itu mengatakan, haknya akan hilang kalau tidak mau masuk ke dalam. Lokasi ini akan tetap d jaga dan dibentuk posko agar lalulintas tidak macet lagi.

Secara  terpisah Ketua Asosiasi pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Appsindo) perwakialan Pasar Kampung Lalang Medan Antonius Ginting, SH menyebutkan, sehubungan dengan telah beroperasinaya Pasar Kampung lalang itu, mengucapkan terimakasih kepada Dirut PD Pasar Koata Drs Rusdi Snuaraya yang telah banyak membantu pedagang sejak diabangunnya pasar ini dan masuknya pedagang secara keseluruhan di Pasar Ini.

"Saya mewakili seluruh pedagang mengucapkan terimakasih kepada Dirut PD Pasar Medan. Pedagang yang sebelumnya berjualan di luar dengan menggunakan payung dan berpanas-panasan kini sudah berjualan di dalam dan menempati kios masing-masing yang cukup luas dan nyaman," imbuh Ginting.

Ginting menambahkan, pengundian yang dilakukan PD Pasar Koata Medan , sudah sesuai prosedur dan selruh pedagang lama sudah tertampung asecara keseluruah. Artinya, kalau ada isu miring yang menyebutkan ada pedagang berdasi dan alainnya, tidak benar. "Saya kenal dan tahu pedagang di sini, semuanya pedagang lama yang menempati kios dan stand di Pasar Kampung Lalang ini," tegas Ginting.

Turut hadir dalam pnertiban itu, Dirop PD Pasar DR Yohny Anwar, MM, Dir SDM/Pengembangan Rambe, Direktur Keuangan Usman Manalu, Kepala Penertiban Iwan, Kepala Cabang !! PD Pasar Djalil Muhammad, Kepala Pasar Kampung Lalang Syaful Bahri, Kepala Pasar Kampung Lalang Syaiful Bahri dan beberapa kepala pasar serta staf PD Pasar Kota Medan. (CNc/EI)
Share:
Komentar

Berita Terkini