Paripurna DPRD Kota Medan Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Wali Kota Bobby Nasution dan Wakil Walikota Aulia Rachman

Share:

SEMOGA KOTA MEDAN SEMAKIN MAJU, BERKAH DAN KONDUSIF

Paripurna pengusulan pengangkatan pengesahan Walikota dan Wakil Walikota Medan Bobby-Aulia. (Selasa,23/2)
MEDAN, CAHAYANEWS.COM - DPRD Kota Medan menggelar rapat Paripurna pengusulan pengesahan pengangkatan Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman periode 2021-2024 di ruang paripurna gedung dewan.

Rapat paripurna dewan dipimpin Ketua DPRD Medan, Hasyim SE didampingi Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, Rajuddin Sagala, dan HT Bahrumsyah. Paripurna juga diikuti anggota dewan lainnya lewat meeting zoom. Hadiri juga Plh Wali Kota Medan Ir Wiriya Alrahman Serta unsur Forum pimpinan daerah (Forkompimda).

Menurut Ketua DPRD Medan, Hasyim SE, adapun dasar paripurna pengusulan berpedoman pada UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 154, bahwa DPRD mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan dan memberhentikan Kepala Daerah kepada Menteri melalui Gubernur untuk mendapatkan pengesahan dan pemberhentian. Maka pada Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan pada 22 Februari 2021 menjadwalkan paripurna.

Pimpinan sidang paripurna Kiri ke Kanan, Plh Wali Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Ketua DPRD Hasyim SE, Wakil Ketua  Ihwan Ritonga, Rajuddin Sagala, HT Bahrumsyah.
Selanjutnya Hasyim menyampaikan pengusulan itu setelah pihaknya menerima SK penetapan pemenangan pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan 2020 dari KPU Kota Medan. Penetapan tersebut tertuang pada SK KPU Kota Medan Nomor:175/PL.02.7-Kpt/1271/KPU-Kot/II/2021.

Dimana Pilkada Kota Medan Tahun lalu diikuti dua pasangan calon yakni Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan pasangan Bobby Nasution - Aulia Rachman. pasangan Bobby-Aulia memenangkan Pilkada dengan perolehan suara terbanyak.

Menang Pilkada dan Segera Dilantik

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Medan pasangan nomor urut 01 Akhyar Nasution - Salman Alfarisi memperoleh 342.580 Suara. Sementara pasangan nomor urut 02 Bobby Nasution - Aulia Rachman memperoleh suara terbanyak dengan mendapatkan 393.327 suara.

Foto Forkompimda Kota Medan dan TNI juga Polri.

Hasyim menyampaikan bahwa usulan pengangkatan segera dikirim ke Gubernur Sumatera Utara agar kiranya pasangan Bobby - Aulia segera dilantik pada Jumat 26 Februari 2021.

"Kita harapkan prosesnya itu di Kementerian Dalam Negeri bisa segera dan sesuai jadwal, dan rencananya mungkin di tanggal 26 Februari itu akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikannya,"Jelas Ketua DPRD Medan Hasyim SE.

Sementara itu Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengatakan pengusulan pengesahan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2021-2024 merupakan langkah awal bagi Pemko Medan dalam menjalankan roda pemerintahan di bawah kepemimpinan kepala daerah yang baru. Dengan harapan, Kota Medan semakin menjadi kota metropolitan yang maju, berkah dan kondusif.

Plh Wali Kota Medan Ir Wiriya Alrahman saat memberikan pidatonya. (ist)
"Namun, tantangan pembangunan yang dihadapi juga berat terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Banyak permasalahan sosial dan ekonomi dalam pembangunan kota yang harus kita selesaikan bersama," kata Plh Wali Kota di Rapat Paripurna DPRD Medan dalam rangka Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Periode 2021-2024 di Gedung DPRD Medan, Selasa (23/2/2021).

Meski demikian, Plh Wali Kota optimis, di tengah-tengah persoalan pembangunan yang multi kompleks, kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yang baru nantinya dapat menyelesaikan permasalahan kota yang ada sebagai bentuk pengabdian diri kepada masyarakat.

"Keberhasilan tersebut tentu diwujudkan lewat kolaborasi, koordinasi dan sinergi dengan semua pihak," tambahnya di hadapan Ketua DPRD Medan Hasyim SE, para wakil ketua, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, para camat, unsur Forkopimda, perwakilan KPU dan Bawaslu Kota Medan serta angota dewan yang hadir secara langsung maupun virtual.

Plh Wali Kota dan Ketua DPRD Medan (ist)
Selanjutnya, Plh Wali Kota sekaligus Sekda Kota Medan tersebut mengucapkan terima kasih kepada unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Medan yang telah menggelar agenda tersebut sesuai amanat UU No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 154 ayat 1 huruf E yang berbunyi "DPRD Kabupaten/Kota Mempunyai Tugas dan Wewenang Mengusulkan Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati/Wali Kota Kepada Mendagri Melalu Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat".

"Atas nama Pemko Medan, saya berharap kerjasama, komunikasi dan kemitraan antara eksekutif dan legislatif semakin baik guna memperkuat kebijakan dan program pembangunan kota yang akan diselenggarakan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kota Medan secara berkelanjutan," harapnya.

Suasana Paripurna pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih. (ist)

Ketua DPRD dan Plh Wali Kota Medan saat menandatanganin dokumen paripurna. (ist)


Sebelumnya, Bobby Nasution saat ditanyai mengenai Program 100 hari kerja setelah dilantik nanti mengatakan dia dan Wakilnya Aulia Rachman akan fokus membenahi birokrasi Pemko Medan juga kebersihan Kota Medan.


"Kalau untuk 100 hari kerja kita akan fokus kerja kedepan saja, semisal soal kebersihan yang bukan hanya sampah tapi kebersihan drainase kota medan. Soalnya hal itu yang selama ini menjadi penyebab banjir dan berimbas pada infrastruktur sehingga masih kurang memadai," tuturnya.

Pasangan Wali Kota dan Wakil Walikota Bobby-Aulia dan Plh Wali Kota Medan Ir Wirriya Alrahman. (ist)


Sementara soal penataan birokrasi akan ikut jadi prioritas Bobby - Aulia. ada juga program penanganan Covid-19 di Kota Medan.


"Kita ingin benar-benar menerapkan 3T, yakni Testing, Tracing, dan Treatment. Kita ingin mengetahui yang positif Covid-19 berapa agar tidak salah dalam memberikan kebijakan," tutupnya.


Bobby Nasution berharap semua pihak bersinergi memajukan Kota Medan. Konsep Kolaborasi akan diutamakan. (CNC/beng)

Share:
Komentar

Berita Terkini