Wali Kota Medan Buka Pameran Bursa Tanaman Hias Dalam Rangka Peringatan HKG PKK ke-49

Share:

MEDAN, CAHAYANEWS.COM -- Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM membuka Pameran Bursa Tanaman Hias yang digelar Dinas Pertanian dan Perikanan Medan, di Taman Ahmad Yani Medan, Kamis (1/4). Diharapkan pameran yang digelar dalam rangka peringatan HKG PKK ke-49 tingkat Kota Medan ini dapat menambah motivasi dan semangat pelaku usaha tanaman hias.

Dalam pameran ini hadir Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif, Wakil Ketua TP PKK Shaula Arindianti Aulia Rachman, Wakil Ketua I Ismiralda Wiriya Alrahman, Unsur Forkopimda Kota Medan dan Segenap Pimpinan OPD diantaranya Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Risyad Marbun dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan M Husni. Menurut Wali Kota pameran bursa Tanaman Hias ini sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku usaha tanaman hias.

"Ini bentuk apresiasi kepada pelaku tanaman hias, apabila bunga dan tanaman yang dirawatnya bisa dinilai. Namun, jangan hanya Forkopimda, PKK saja yang diundang di pameran ini, ajak pelaku usaha, konglomerat, BUMN, BUMD, di sini tanaman hiasnya bagus-bagus, biar mereka membeli, biar tambah semangat pelaku usaha tanaman hias ini," Kata Wali Kota kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Medan.

Dijelaskan Wali Kota, saya mengapresiasi pameran ini akan tetapi pameran ini  tujuannya harus jelas, yakni mencari modal dan pembeli.

"Kalau dilihat mulai dari masuk jika dicantumkan harganya mahal-mahal, cocok dipamerkan dengan ibu PKK karena banyak kawan-kawannya yang bisa membeli. Tapi undang juga pelaku usaha dan lainnya. Dengan begitu pameran ini pasti akan lebih besar" Ujar Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Medan juga mengajak para ibu PKK dan perempuan lainnya untuk mengambil peran membantu suami ditengah Pandemi Covid-19 melalui hobi merawat bunga.

"Selama ini ibu-ibu kumpul ngerumpi, sekarang ambil peran  untuk menambah pendapatan, mengambil peran membantu suami, melalui kreativitas atau hobi merawat bunga ini. Ini salah satu potensi menambah pendapatan di saat Pandemi Covid-19," ungkap Wali Kota.

Selanjutnya Ketua TP PKK Kota Medan mengguntingkan pita sebagai tanda diresmikannya stand pameran. Kemudian bersama dengan Wali Kota Medan, Ketua TP PKK  melihat-lihat tanaman hias yang dipamerkan.Salah satunya Bonsai jenis Lohan milik Pelaku Usaha Yetno.

Usai dikunjungi Wali Kota, Yetno mengatakan, tanaman yang dilihat Bobby Nasution di standnya adalah  jenis Bonsai Lohan. "Pak Wali Kota nampaknya tertarik dengan Bonsai Lohan itu," jelasnya sembari mengatakan, jenis tanaman hias yang laris adalah Anting Putri dan Lohan.

Disebutkannya, selama pandemi Covid-19 orang yang membeli bunga hias semakin ramai. "Kami punya komunitas Nusantara, kami jualnya melalui online juga," ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ikhsar Risyad Marbun,  menjelaskan Pekan Bursa Tanaman hias merupakan agenda tahunan Dinas Pertanian dan Perikanan yang kali ini Bekerja sama dengan TP PKK Kota Medan dalam rangka HKG PKK ke-49.

"Selain Pameran Tanaman Hias, juga akan dilaksanakan Pelatihan Hidroponik dasar untuk skala rumah tangga dan pemanfaatan limbah belajar membuat taman mini kaktus (Terrarium) serta Sosialisasi Ekspor Tanaman dan berbagai Perlombaan", Jelasnya. (CNC/BK1)

Share:
Komentar

Berita Terkini