Rakernas Diklat HUT Ke 12 Tahun Surat Kabar Cahaya Pembaharuan, Pers Tangguh danTumbuh Berkembang Dimasa Pandemi

Share:

MEDAN, CAHAYANEWS.COM - Surat Kabar Cahaya Pembaharuan yang juga Kantor Berita Portal Cahayanews.com merayakan syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 di Shisha Lounge Hotel Madani, Senin (11/10/2021). 

Acara yang mengusung thema "Pers Tangguh Tumbuh dan Berkembang di Masa Pandemi" dihadiri jajaran redaksi, reporter dan calon jurnalis serta para tamu undangan, yang juga dihadiri mantan Reporter Metro Tv Usep Kurniawan, S.Ag. MA. sekaligus membuka Rakernas, Seminar dan Diklat jurnalistik dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat. 

"Adanya Diklat/Rakernas yang dilaksanakan oleh Surat Kabar Cahaya Pembaharuan dan portal media online cahayanews.com ini sangat berarti bagi para jurnalis untuk menambah wawasan dimasa pandemi yang mana mengacu pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU ITE, yang mana hal tersebut perlu jurnalis pedomanin," Ujar Usep yang juga Staff Ahli surat kabar Cahaya Pembaharuan dan portal media online cahayanews.com tersebut. 

Pers tangguh dan ekonomi tumbuh berkembang sejalan dengan harapan pemerintah dimasa pandemi. Indonesia di hadapkan dengan banyak masalah terkait aspek ekonomi yang berdampak juga bagi wartawan dan perusahaan pers khususnya ditengah badai covid-19. 

Akademisi ekonomi yang juga dosen FEB di Universitas IAIN Langsa, Faisal Umardhani Hasibuan, SE.MM dalam seminarnya menyoroti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh negatif pada tahun 2020 lalu, menyebabkan angka pengangguran dan kemiskinan meningkat di semua sektor termasuk sektor pers baik perusahaan pers dan pekerja pers (wartawan). 

Berdasarkan perhitungan Year on Year pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama tahun 2020 menunjukkan adanya pelemahan dengan hanya mencapai 2,97% dibandingkan capaian triwulan pertama tahun 2019 yang sebesar 5.07%. Data pada triwulan kedua juga kurang bersahabat dengan menunjukkan kemunduran yang dalam sebesar -5,32%, terburuk sejak tahun 1999. Data pada triwulan ketiga mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 3,49 %, sedangkan pada triwulan keempat mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 2,19%. Dampak dari menurunnya persentase ekonomi di Indonesia, salah satunya adalah peningkatan angka pengangguran dan penduduk miskin yang disebabkan karena PHK selama masa pandemi Covid-19.

"Kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi Indonesia patut kita apresiasi, penanganan cepat covid-19 dan percepatan vaksinasi masal bagi masyarakat, pelaku ekonomi baik itu wartawan dan lainya langkah tepat memulihkan kembali perputaran roda ekonomi itu sendiri," Jelas Faisal Umardhani Hasibuan. 

Selanjutnya, acara berlangsung khidmat dengan syukuran perayaan Ulang Tahun ke - 65 Tahun Pimpinan umum/Pemred Surat Kabar Cahaya Pembaharuan dan portal media online cahayanews.com Amril Koto dengan pemotongan tumpeng serta kue ulang tahun dari Anak serta cucu juga karyawan-karyawati PT Media Cahaya Pembaharuan dan PT Cahaya Siber Indonesia yang menambah meriah suasana acara. 

"HUT ke-12 ini merupakan rasa syukur kita dapat bertahan dan berkembang dimasa pandemi, kumpulnya Kabiro dan wartawan menambah silaturahmi dan mempererat hubungan kita. Serta menyerap ilmu jurnalistik untuk diterapkan dalam dinamika kehidupan yang saat ini terus berkembang," Kata Amril Koto. 

Selain itu, Amril Koto berharap Surat Kabar Cahaya Pembaharuan bisa tetap eksis dan berlanjut terus ditengah pudarnya minat baca orang terhadap surat kabar/koran yang membuat banyaknya perusahaan koran yang failed atau gulung tikar. 

"Harga kertas yang naik membuat kita perusahaan surat kabar sesak nafas, tidak mudah memimpin dan menjalankan bisnis surat kabar di tengah pandemi ini. Butuh ketekunan dan kerja keraslah membuat kita bertahan sejauh ini," Tambah Koto sapaan akrabnya. 

Dipenghujung acara, Amril Koto mengungkapkan dengan acara yang sederhana ini dapat berjalan lancar dan sukses, walaupun tidak seperti tahun lalu yang mana mengundang narasumber baik dari pemerintahan maupun Dewan Pers dan PWI Sumut. Acara ditutup dengan doa bersama agar Surat Kabar Cahaya Pembaharuan dan portal media online cahayanews.com dapat berlanjut terus kedepannya. (CNC/Bembeng Koto)

Share:
Komentar

Berita Terkini