Dulunya Hutan Enceng Gondok, Bobby Nasution Ubah Danau Laguna Martubung jadi Kolam Retensi Untuk Atasi Banjir

Share:
MEDAN, CAHAYANEWS.COM -- Danau Laguna yang berada di Griya Martubung Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan yang dulunya hutan enceng gondok dan terbengkalai kini sudah berubah. Di tangan Wali Kota Medan Bobby Nasution danau tersebut dirubah lebih bermanfaat menjadi kolam retensi yang nantinya dapat mengatasi permasalahan banjir di kawasan Martubung.

Diubahnya Danau Laguna menjadi kolam retensi merupakan upaya yang dilakukan Pemko Medan untuk mengatasi banjir, sebab penanganan banjir merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution di masa pemerintahannya.

Saat ini Pembangunan tahap pertama kolam retensi di danau Laguna tersebut  sudah selesai, pemagaran beton di kolam retensi seluas 10 Ha tersebut sudah terpasang. Selanjutnya pembangunan tahap kedua kembali dilakukan di tahun 2023 ini diantaranya pembangunan kolam lumpur, fasilitas taman bermain dan jogging track serta tempat pelaku UMKM.

Warga Griya Martubung Edu Gurning mengaku selama 17 tahun dirinya tinggal disini, danau Laguna yang luas ini terbengkalai hanya hutan enceng gondok. Kini oleh Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution danau ini diubah menjadi kolam retensi yang diharapkan dapat mengatasi banjir disini.


"Selama 17 tahun saya tinggal di Griya Martubung, danau Laguna ini terbengkalai hanya hutan enceng gondok, karena sudah dibagusin seperti ini dibangun kolam retensi saya berterima kasih kepada Pemko Medan. Mudah-mudahan sesuai rencana dapat mengatasi banjir di wilayah kami," Jelasnya.


Sementara Itu Camat Medan Labuhan Khairun Nasir menyebutkan bahwa awal pembangunan kolam retensi ini karena Pak Wali Kota memproritaskan penanganan banjir termasuk di wilayah Medan Labuhan. Dengan memanfaatkan danau Laguna yang dahulunya hanya hutan enceng gondok.

"Penanganan banjir merupakan program prioritas pak Wali Kota Medan Bobby Nasution termasuk di Kecamatan Medan Labuhan. Apalagi banyak keluhan masyarakat terkait banjir yang didengarkan beliau langsung. Kemudian pak Wali Kota membangun kolam Retensi yang dulunya danau Laguna hutan enceng gondok untuk mengatasi permasalahan tersebut sekaligus menjadikan lokasi tersebut sebagai destinasi wisata," Jelas Camat Medan Labuhan.

Khairun Nasir menambahkan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan Alhamdulillah mendapat respon yang positif serta mereka mendukung program pembangunan ini.

 "Dari awal pembangunan sampai saat ini selesai tahap pertama tidak ada kendala apapun di masyarakat. Mereka sangat mendukung program Pak Wali Kota ini, selain untuk mengatasi permasalahan banjir di wilayah griya martubung, danau Laguna yang dulunya hutan enceng gondok kini diubah lebih bagus dan tertata," Sebutnya. (CNC/BK1) 
Share:
Komentar

Berita Terkini