Hasyim Hadiri Kirab Budaya Agama Khonghucu

Share:

 

MEDAN,CAHAYANEWS.COM -- Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE menyambut secara positif kirab Budaya Khonghucu yang digelar PARAKHIN (Perkumpulan Rohaniawan Agama Khonghucu Indonesia) Sumut dan Komunitas Tatung Medan, kemarin.

Sebelum dimulai kirab tersebut, Hasyim bersama para suhu agama Khonghucu melakukan kegiatan berjalan kaki /kirab bersama para suhu agama Khonghucu yang dimasuki roh dewa dan badannya ditusuk benda tajam ( tatung).

Kirab itu dilakukan dengan berjalan kaki mulai dari Jln Negara masuk ke Jln Wahidin, terus ke Jln AR Hakim menuju arah Kompleks Asia Mega Mas dan kembali ke Jln AR Hakim dan masuk lagi ke Jln Wahidin dan Jln Negara.

Dikatakan, Hasyim bahwa kegiatan menusuk badan atau tatung merupakan budaya Tionghoa yang telah ada sejak lama.

“Jadi dalam bahasa Hakka, Tatung merupakan orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Pemanggilan itu dilakukan dengan menggunakan mantra dan mudra tertentu ,” ucap Hasyim.

“Sebagai Ketua DPRD Kota Medan, kami apresiasi Kirab Budaya Khonghucu ini, karena sudah menjadi khazanah budaya Indonesia. Ke depan, kita dorong agar festival semacam Imlek Fair, Cap Go Meh dan Kirab budaya bisa menjadi agenda wisata Pemko Medan ,” pungkas Ketua DPC PDI Perjuangan Medan ini. (CNC/Bk1)

Share:
Komentar

Berita Terkini