Bapenda Medan Optimis Capaian Target PAD Rp 3,064 T, Melalui Inovasi Gebyar dan Launching Aplikasi KoDi PaDa

Share:
MEDAN|CAHAYANEWS.COM - Pemko Medan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan selaku ujung tombak penggali PAD untuk pembangunan terus gencar melakukan  berbagai inovasi dalam upaya capain percepatan perolehan target PAD sebesar Rp 3,064 Triliun di Tahun 2023.

Mulai dari peningkatan pelayanan wajib pajak membayar pajak dengan menambah loket/pojok pembayaran pajak di setiap keramaian hingga mendatangi para wajib pajak yang menunggak menjadi agenda rutin yang gencar dilakukan.

Bukan itu saja, inovasi baru lewat kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui aplikasi Kolaborasi Digital Pajak Daerah (KoDi-PaDa) segera direalisasikan.

Lebih menarik lagi, Bapenda berencana akan melakukan Gebyar undian pajak pada 1 Juli 2023 yang bersamaan HUT Kota Medan ke- 433. Gebyar sadar pajak untuk pemberian reward/apresiasi kepada wajib pajak sekaligus memeriahkan peringatan HUT Kota Medan yang akan bekerjasama dengan Bank Sumut. “Saat ini sedang proses persiapan administrasinya,” terang Benny Siregar.

Menurut Kepala Bapenda Kota Medan Benny Sinomba Siregar SE (foto) di ruang kerjanya, Kamis (8/6/2023) menyampaikan, melalui program Gebyar sadar pajak salah satu upaya memaksimalkan perolehan capaian PAD yang telah ditargetkan.

“Diharapkan, berbagai inovasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan taat dan tertib membayar pajak”, paparnya.

Pada kesempatan itu Benny sangat mengharap dukungan semua pihak terutama dukungan anggota DPRD Medan untuk membantu percepatan perolehan target PAD dari berbagai sumber objek pajak sesuai tufoksi masing masing.

“Pajak dan retribusi yang kita peroleh sangat penting untuk keperluan peningkatan pembangunan kota Medan,” tukasnya.

Diakuinya sejak menjabat Kepala Bapenda Kota Medan terbukti dilakukan peningkata perolehan PAD yang cukup signifikan yakni di Tahun 2021 sebesar Rp 320 Miliar dan tahun 2022 Rp 468 Miliar. “Kita harapkan, target PAD Tahun 2023 Rp 3,064 Triliun dapat terealisasi,” ujarnya.

Diakhir percakapan, Benny sangat berharap kepatuhan dan taat pajak bagi wajib pajak. Begitu juga kepada Kepala Lingkungan (Kepling) agar terus mengingatkan warganya bayar pajak. “Pajak sangat penting untuk keperluan pembangunan,” imbunya. (TIM/lamru)
Share:
Komentar

Berita Terkini