Hendra DS Anjurkan Dinkes Medan Buka Pengaduan Keluhan Peserta UHC JKMB

Share:

MEDAN,CAHAYANEWS.COM- Anggota DPRD Medan yang juga Ketua DPC Hanura Kota Medan Hendra DS anjurkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan untuk membuka kotak pengaduan terkait pelayanan kesehatan gratis lewat program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB). Sebab, akhir akhir ini masih ada Rumah Sakit (RS) di Medan yang menolak pasien gratis.

“Sangat kita sayangkan masih ada RS yang menolak pasien peserta UHC. Pada hal warga itu bukan gratis berobat di RS, karena biayanya ditanggung Pemko Medan,” ujar Hendra DS.

Saran dan anjuran  itu disampaikan Hendra DS saat menggelar sosialisasi Perda (Sosper) ke IX Tahun 2023 produk hukum Pemko Medan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Jl Jati III Kel Teladan Timur, Kec Medan Kota, Minggu, (10/9/2023).

disebutkan Pemko bersama swasta harus  mewujudkan derajat kesehatan. Melakukan  pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesenambungan.

Sedangkan masalah pembiayaan kesehatan seperti pada BAB VII Pasal 43 disebutkan Pemko berkewajiban membiayai seluruh upaya kesehatan dalam menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang aman, adil dan terbuka serta terjangkau masyarakat. Dan di Pasal 44 dikuatkan, Pemko membiayai seluruh pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas

Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan terdiri XVI BAB dan 92 Pasal. Ditetapkan menjadi Perda yang sah di Medan 8 Maret 2012 oleh Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap diundangkan Sekretaris daerah Kota Medan Ir Syaiful Bahri. (CNC/BK1)

Share:
Komentar

Berita Terkini