Pemko Medan Luncurkan Proyek Mastran BRT Mebidang

Share:

MEDAN, CAHAYANEWS.COM - Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan peluncuran proyek Mastran Bus Rapid Transit (BRT) Medan, Binjai, Deliserdang (Mebidang). Peluncuran ditandai penekanan tombol sirine. 

Tidak lama lagi Kota Medan akan memiliki BRT sebagai moda transportasi massal berbasis bus yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat.

"Manfaat BRT ini untuk memberikan fasilitas transportasi massal kepada masyarakat di Kota Medan, Binjai dan Deli serdang (Mebidang) sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam beraktifitas," kata Bobby usai meluncurkan Proyek Mastran BRT Mebidang di Lahan Eks Terminal Amplas, Jumat (19/04/2024).

Kehadiran BRT ini dinilai Bobby sangat penting sebagai langkah mengurangi kemacetan yang disebabkan semakin banyaknya penggunaan kendaraan pribadi. 

"Kita berahap dengan adanya fasilitas ini masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi menjadi menggunakan bus," harap Bobby seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memilih wilayah Mebidang sebagai lokasi projek Mastran BRT.

Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan Suharto mengapresiasi dukungan tinggi dari Pemerintah Daerah yang ada di Mebidang karena Kementerian Perhubungan meluncurkan projek BRT ini.

"Tidak semua kabupaten, kota berkesempatan mendapatkan program BRT ini," ujar Suharto.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar mengatakan transportasi massal BRT ini dinilai jauh lebih fleksibel dalam menjangkau ke seluruh wilayah, nyaman dan aman serta lebih andal apalagi jika dibarengi dengan jalur khusus. Nantinya BRT ini akan memiliki beberapa koridor dengan jalur khusus mulai dari Amplas sampai Pinang Baris.

"Nantinya akan ada 17 koridor dengan jumlah kendaraan sebanyak 515 unit, termasuk koridor khusus mulai dari Amplas sampai ke Pinang Baris," beber Iswar.

Sebagai persiapan awal, Iswar menyebutkan akan menyiapkan tiga Depo yang akan dibangun. 

"Yaitu Depo Amplas, Depo Pinang Baris dan Depo Tanjung Sari," katanya.(CNC/BK1)

Share:
Komentar

Berita Terkini