Fokus Pemko Medan Tahun ini Benahi Infrastruktur, Drainase dan Gedung Sekolah Menjadi yang Utama

Share:
CN.com – Medan | Pemko Medan tahun ini akan memokuskan membenahi infrastruktur jalan dan drainase selain perbaikan gedung sekolah, puskesmas serta pasar tradisional.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengemukakan hal itu ketika menerima audiensi jajaran redaksi Harian Sumut 24 di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (05/03/2018).

Menurut Wali Kota, khusus untuk jalan dan drainase perbaikannya dilakukan hingga tahun depan. Berdasarkan inventarisir yang telah dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, kata dia, masih banyak ruas jalan maupun drainase yang harus diperbaiki.

“Untuk jalan, perbaikan yang kita lakukan melalui pengaspalan (hotmix) dan pembetonan. Ini disesuaikan dengan kondisi jalan maupun volume kendaraan yang melintasi sehingga jalan yang diperbaiki bisa tahan lama,” kata Wali Kota didampingi Kabag Humas Ridho Nasution dan Sekretaris Dinas Kominfo Medan Masyur.

Selanjutnya, kata dia, perbaikan gedung sekolah dan puskesmas. Perbaikan ini, kata Wali Kota, untuk meningkatkan mutu pendidikan serta derajat kesehatan warga Medan. Sedangkan pembenahan pasar tradisionil, selain menciptakan tempat berjualan yang representatif juga untuk penguatan ekonomi kerakyatan.

“Pembenahan pasar tradisional juga bisa kita lakukan dengan menggandeng stakeholder yang ada. Namun untuk pembenahan infratruktur baik itu jalan, drainase, gedung sekolah dan puskesmas tentunya kita (Pemko Medan) yang melakukannya,” ungkapnya.

Wali Kota juga menyampaikan rencana Pemko Medan membangun rusunawa bagi masyarakat yang bermukim di bantaran sungai. Itu dilakukan untuk mengatasi penyempitan sungai sekaligus menghindari warga terkena dampak banjir kiriman yang selama ini terjadi. Wali kota mengungkapkan sudah ada sejumlah spot yang akan dibangun rusunawa tersebut.

“Jika masyararakat yang tinggal di bantaran sungai selama ini tempat tinggalnya membelakangi sungai, namun rusunawa yang kita bangun nantinya menghadap ke sungai,” paparnya. (bm)
Share:
Komentar

Berita Terkini