Ketua Dekranasda Kota Medan Hadiri Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu

Share:
CAHAYANEWS.com - Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH menghadiri Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara di Gelanggang Mahasiswa Universitas Negeri Medan, Sabtu (13/04). Diharapkan lomba yang digelar dalam rangka memperebutkan Piala Ibu Gubernur Sumatera Utara ini akan semakin membangkitkan kreatifitas seni dan desain Ornamen Melayu.

Dalam Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu ini Hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara, Nawal Lubis, Rektor UNIMED, Ketua Panitia, Raden Burhan dan Seluruh Peserta Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Ketua Dekranasda Provsu Nawal Lubis mengatakan bahwa setiap kebudayaan yang dimiliki sudah senantiasa harus terus dilestarikan agar tidak hilang terkikis kemajuan zaman. Oleh sebabnya, Gubsu berharap agar perlombaan tersebut semakin menumbuhkan kecintaan seluruh masyarakat Sumut pada budayanya termasuk budaya Melayu.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani, SH mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sebab, melalui perlombaan tersebut seluruh masyarakat dapat lebih mengenali dan mengetahui berbagai ornamen khas yang ada dalam adat dan suku Melayu.

"Kita mengapresiasi kegiatan ini. Sebab, dengan adanya perlombaan tersebut artinya masyarakat diajak untuk mengenal dan memahami kebudayaan khas Melayu. Terlebih, Kota Medan merupakan Tanah Deli yang memiliki berbagai peninggalan khas Melayu salah satunya yang jelas terlihat adalah Istana Maimun", kata Rita Maharani.

Untuk itu, Hj Rita yang juga istri Wali kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H berharap khususnya kepada para generasi muda agar jangan melupakan sejarah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan Melayu. Apalagi, Melayu menjadi identitas yang melekat pada Kota Medan, sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan

Dalam Kegiatan perlombaan yang digelar Pemprov Sumut bekerja sama dengan Unimed ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kategori yakni umum, pelajar dan mahasiswa di Sumatra Utara. Nantinya, hasil desain kreasi para pemenang lomba akan diterapkan pada Batik Melayu Sumut.

Puncak acara perlombaan sekaligus dirangkai dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba. Dalam kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Kota Medan mendamingi Ketua Dekranasda Pemprovsu menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada pemenang yang berhasil keluar sebagai juara dalam perlombaan tersebut. (bm)

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan
Share:
Komentar

Berita Terkini