Diskusi Ringan Sambil Makan Durian, Mumpung Ketemu Presiden

Share:

Catatan: M. Syahrir
Rabu sore (8/2) hp ku berdering. Kuangkat dari nomor yang tak kukenal, dan langsung menyapa dengan nada yang sopan. “Pak Syahrir, nanti malam  Pak Presiden ngajak makan durian bareng di  Bolang Durian bersama beberapa pimpinan media. Jam 20.30, Bapak diminta sudah hadir jam 19.30. Dresscode nya batik,” kata staff Protokol Kepresidenan mengenalkan diri. Dialog singkat inipun berujung dengan kesediaanku menghadiri momen spesial dan langka ini disela-sela rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023  di Sumut. 

Malam itu di Si Bolang Durian, yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda tampak sudah disterilkan, walaupun disisi meja sebelah selatan masyarakat masih bisa menikmati durian  yang menjadi salah satu ikon Kota Medan. 

Tak berselang lama, Presiden Jokowi yang mengenakan baju kaos sweater warna coklat  dipadu celana hitam tiba sembari menggandeng dua cucunya Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution yang merupakan anak dari pasangan Bobby Nasution (Walikota Medan) dan Kahiyang Ayu.
Dengan senyumnya yang khas, mantan Gubernur DKI ini berbaur dengan para pimpinan media terbitan di Sumatera Utara sambil menikmati durian lokal yang disuguhkan. 

Tak ketinggalan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubsu Edy Rahmayadi,  Kapoldasu Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel, Walikota Medan Bobby Nasution dan sejumlah pejabat lainnya tanpa sungkan mencicipi sambil bersenda gurau.

Suasana benar-benar santai. Tak ada kekakuan dan perlakuan khusus saat Kepala Negara menikmati durian khas Medan. 

Dari meja satu pindah ke meja lain. Mulai  Pemred Harian Analisa Warjamil, Wapemred Waspada Teruna Jasa Said, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Wapemred SIB Anton Panggabean, Kepala TVRI Sumut Tachrizal, Kepala RRI Medan Agung Prasatya Rosihan Umar, Pemred Inspirasinews Sugiatmo, Pemred Mata Telinga dan para petinggi Forum Pemred disapanya satu persatu.
“Saya suka durian yang kecil-kecil,” katanya saat berbincang di meja Ketua DKP PWI Sumut M. Syahrir bersama Pemred Sumut24 Rianto Agly, Pemred Waspada Online Austin Tumengkol, Kepala LKBN Antara Sumut Riza Mulyadi, Pemred Sumut Pos Asih Astuti, Pemred Mimbar Umum Jalaluddin. 

Tak ada formalitas dan protap yang ketat, suasana ‘pesta durian’ pun berlangsung. 

Harusnya kami yang menjamu Presiden dalam kapasitas warga Sumatera Utara sekaligus tuan rumah HPN. Tapi malah kebalikannya,  Presiden mempersilahkan kami menikmati durian yang disuguhkan. 

Duduk semeja yang nyaris tak berjarak sambil tertawa dan  berkelakar seakan tak membedakan antara pemimpin dan rakyat dipertontonkan Presiden Jokowi. Sang tokoh ‘blusukan’ inipun berkenan berdiskusi ringan.

Momen berhadapan langsung dengan Presiden satu meja inipun tak kusia-siakan. Sebagai wartawan yang dibesarkan platform media cetak dan pernah menjabat sebagai Pemred Harian Realitas, naluri jurnalistikku spontan tergerak. 

Dalam benakku ini kesempatan menyampaikan keluh kesah yang dirasakan para pengelola media cetak, apalagi konteks kehadiran Presiden saat ini berkaitan dengan peringatan HPN. Sekalian  bahas perkembangan  kota Medan.

Diskusi ringan pun berlangsung santai, bahkan hampir 15 menit waktunya.  Seakan tak berjarak, Presiden merespon langsung terkait usulan  pengurangan pajak kertas koran yang belum terealisasi, walaupun pernah disampaikan dalam pertemuan dengan para pemimpin media di Medan dan di Istana Merdeka tahun 2019. Sambil memanggil salah seorang staf kepresidenan, mantan Walikota Solo ini meminta untuk mencatatkan. 

Dan, bak gayung bersambut, esok harinya usai peringatan puncak HPN 2023 di Gedung Serba Guna (GSG) Medan, Kamis (9/2) melalui Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin meneruskan pesan singkat melalui WA  yang menyebutkan; “Siap Pak Rektor. Yg menyangkut pajak kertas koran kalau pulang saya (ke Jakarta-red) diskusikan dg bu menkeu.” 

Tak hanya masalah kertas koran, diskusi pun bergeser ke materi yang lain, terkhusus bagi kami masyarakat Kota Medan.  Mulai dari renovasi Stadion Teladan, revitalisasi kawasan kota lama Kesawan hingga ide  tol dalam kota yang dibangun diatas sungai. 

Renovasi total Stadion Teladan yang menjadi kebanggaan masyarakat Medan sepertinya sudah sangat mendesak, apalagi stadion yang selesai dibangun tahun 1953 menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-3 dianggap sudah tidak layak untuk pertandingan internasional. 

“Pak Presiden, Stadion Teladan kami perlulah direnovasi. Usianya sudah 70 tahun dan sudah sangat tidak layak untuk pertandingan internasional, apalagi Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024. Mohonlah menjadi perhatian. Kami ingin juga stadion itu jadi ikon Kota Medan,” kataku gamblang. 

Presiden langsung reaktif menjawab. “Walikota....,” katanya memanggil Bobby Nasution yang duduk bersisian meja dengan Presiden. Dihadapan kami, Presiden langsung meminta Walikota Medan yang notabene menantunya untuk menanggapi masalah Stadion Teladan.

 “Sudah disiapkan master plannya Pak, dan segera akan dilaksanakan renovasinya,” kata Walikota Medan. “Iya, sudah ya. Stadion Teladan akan direnovasi dan diperluas. Jugak tentang revitalisasi kawasan Kesawan, saya sudah dapat laporan dan akan lebih bagus,” kata Presiden. 

Khusus kawasan Kesawan Medan, kami memuji langkah Walikota Medan yang sedang melakukan revitalisasi dan akan mengembalikan fungsinya sebagai heritage kota Medan. Apalagi kawasan Kesawan yang berada dipusat kota masih banyak berdiri bangunan peninggalan kolonial Belanda dan harus dipertahankan keberadaannya. 

Pemko Medan sendiri saat ini sedang melakukan penataan kawasan, termasuk pengembalian fungsi Lapangan Merdeka yang dulunya bernama de Esplanade menjadi bagian dari titik nol Kota Medan. 
“Kami berharap kawasan Kesawan bisa seperti kawasan Malioboro di Jogjakarta dan kawasan Braga di Bandung, Pak. Ini memang sedang dikerjakan, mudah-mudahan segera selesai,” kataku. “Ya, saya sudah dapat laporan, mudah-mudahan segera teralisasi. Sudah dilihatkan,” kata Presiden.

Sebelumnya yang tak kalah menarik, kulontarkan pertanyaan tentang pembangunan tol dalam kota yang dibangun diatas sungai guna mengurai kemacetan di Medan. Dalam pemikiran spontanku tersampaikan bahwa jumlah kendaraan di Kota Medan tidak seimbang dengan jumlah ruas jalan yang tersedia. Tol dalam kota diatas sungai ini dalam benakku akan terintegrasi dengan jaringan jalan sekunder yang membedah seluruh Kota Medan.

Gubsu Edy Rahmayadi sendiri sebenarnya sudah menggagas pembangunan tol dalam kota diatas sungai tahun 2019 yang melintasi kawasan Helvetia - Titi Kuning, Titi Kuning -Pulobrayan dan Titi Kuning - Amplas sepanjang kurang lebih 30 km. Informasinya pencanangan pembanguan akan dilakukan tahun 2020 dan sudah mendapat persetujuan dari Menteri PUPR dengan total biaya investasi Rp. 7 triliun. Namun rencana pembangunan tol dalam kota melintasi sungai di Medan sampai saat ini belum terealisasi.

“Pak, jalanan di Medan sudah sangat padat dan rawan kemacetan. Bagaimana kalau di Medan dibangun tol dalam kota, tapi melintas diatas sungai yang membelah Kota. Medan banyak sungainya, Pak. Kalau dibangun tol dalam kota, tentunya dalam proses pembangunan tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas, karena kanan kiri sungai ada bantaran yang bisa menjadi tiang pancang tol. Mungkin tidak terlalu besar biaya pengusurannya Pak. Nantinya sungai bisa jadi bersih dan masyarakat  dapat menjadikan kawasan bantaran  sungai menjadi halaman depan rumah, bukan dapur rumah untuk buang kotoran,” tambahku. 

Spontan, Presiden memanggil  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. “Pak Menteri, cobak dijajaki  tentang tol dalam kota Medan diatas sungai,” kata Presiden.  Dan sebelumnya memanggil Menteri PUPR, Presiden juga sudah mempertanyakannya kepada Walikota Medan terkait dengan tol dalam kota melintasi sungai.

                 *****
Inilah poin-poin diskusi ringan dengan Presiden Jokowi. Dialognya mengalir dan semuanya dijawab. Jokowi seakan tak menempatkan dirinya sebagai Presiden. Dia dengarkan, dia simak dan dia teruskan kepada pihak terkait. Tak ada ekspresi marah, cemberut apalagi menolak untuk menjawab. Pandangannya  tajam kepada lawan bicaranya, namun intonasi suaranya tetap lembut dan sangat responsif. Sebagai seorang pemimpin Jokowi tetap mendengar aspirasi rakyatnya, tanpa ada mengeluhkan materi yang disampaikan. 

Sebagai warga Medan dan penyampai informasi melalui profesi wartawan, sudah kusampaikan hal-hal yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat pers, khususnya media cetak. Dan respon Presiden pun dituangkan secara general  dalam pidato puncak peringatan HPN 2023  sambil menyebutkan dirinya tadi malam melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin media sambil makan durian. 
 
“Dunia pers tidak sedang baik-baik saja. Isu utama dalam dunia pers saat ini bukan lagi mengenai kebebasan pers, melainkan pemberitaan yang bertanggung jawab. Saat ini masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan platform asing dan umumnya tidak beredaksi atau dikendalikan oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence). Algoritma raksasa digital cenderung mementingkan sisi komersial saja dan hanya akan mendorong konten-konten recehan yang sensasional.”

Tentang  pembangunan Kota Medan  sudah juga kusampaikan secara gamblang. Tak ada pesan sponsor apalagi kepentingan. Apa yang teringat kucakapkan, apalagi pertemuan dadakan kami dengan Presiden tak pernah dijadwalkan sebelumnya. Kita cuma bisa berharap, terealisasi atau tidak hanya mereka yang bisa menjawabnya. Tugas profesiku malam itu selesai. Dan, mumpung ketemu Presiden semuanya sudah tersampaikan,  mengalir seperti air. Semoga saja Presid en mewujudkan harapan kami. Itu saja. (Rell
Share:
Komentar

Berita Terkini