Puluhan Ribu Buruh Bersiap Deklarasi Prabowo Capres Di Senayan

Share:
CN.com | Puluhan ribu buruh mulai memadati Istora Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (1/5)

Sedianya, sebanyak delapan puluh ribu buruh yang tergabung dalam organisasi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPI), Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEI) akan berkumpul di tempat ini.

Mereka datang untuk mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, saat ini di ada sebuah panggung berukuran sedang yang dipasang di tengah-tengah gedung Istora.

"Hidup buruh. Kita nanti akan mendeklarasikan Pak Prabowo sebagai calon presiden di Pilpres 2019 nanti," kata salah seorang master of ceremony (MC) dari atas panggung.

MC wanita itu bahkan memastikan bahwa deklarasi ini akan turut dihadiri langsung oleh Prabowo Subianto.

"Insya Allah nanti Pak Prabowo akan hadir di tengah-tengah kita," katanya yang disambut tepuk tangan seisi ruangan.

Adapun agenda dalam acara ini akan diawali dengan pidato sambutan Presiden KSPI, Said Iqbal yang kemudian disusul pendeklarasian Prabowo Subianto sebagai capres yang didukung kaum buruh.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak politik dan diakhiri dengan pidato Prabowo Subianto.

Para buruh itu sebelumnya melakukan aksi demo di depan Istana Negara. Setidaknya ada empat agenda utama yang akan mereka perjuangkan. Pertama, menuntut pemerintah untuk menurunkan tarif dasar listrik (TDL), bahan bakar minyak (BBM), dan menurunkan harga pangan.

Kedua, mereka menuntut pemerintah untuk segera mencabut Peraturan Pemerintah (PP) 78 tentang Pengupahan yang menyebabkan upah buruh saat ini menjadi sangat murah.

Selanjutnya, mendesak pemerintah menghentikan masuknya  tenaga kerja asing (TKA), praktik perbudakan modern, dan juga penghapusan outsourcing. Kemudian yang keempat dala dukung capres yang tidak anti buruh.

"Selain itu, KSPl juga merekomendasikan kepada partai politik untuk menjadikan Rizal Ramli sebagai calon wakil presiden (Cawapres) untuk Prabowo Subianto. Rizal Ramli dinilai sebagi sosok yang tepat untuk mendampingi Prabowo, karena ia dianggap sebagi sosok yang memahami dan bisa mencarikan solusi atas persoalan ekonomi," ujar Said di sekitaran Monas pagi tadi. [ian/rmol]
Share:
Komentar

Berita Terkini